Little Feet

Take steps, take actions.
-Talisa Noor-

Wednesday, November 21, 2012

Perbedaan Surat Edaran dan Pengumuman

Surat Edaran dan Surat Pengumuman adalah surat berisi informasi yang ditujukan kepada sekelompok orang. Dimana letak perbedaannya?
Ternyata oh ternyata,begini nih:

Surat Edaran : 
> Memiliki background permasalahan, sehingga surat ini ditujukan untuk orang-orang yang terkait dengan permasalahan tersebut.
> Contoh: Surat Edaran BPK tentang Cuti Bersama tanggal 3 Juni 2011. Permasalahan yang dihadapi saat itu adalah adanya libur nasional kenaikan Isa Al Masih pada hari Kamis, 2 Juni 2011 (terdapat beberapa concern seperti efisiensi hari libur pegawai negeri, dll) dan terdapat Surat Keputusan Bersama Kemenag, Kemenakertrans, dan KemenPAN RB tentang cuti bersama. Dari permasalahan tersebut, dikeluarkanlah Surat Edaran BPK tentang Cuti Bersama yang ditujukan kepada pihak2 yang berkepentingan, yaitu seluruh pegawai BPK.

Surat Pengumuman:
> Tidak memiliki background permasalahan. Surat ini dapat ditujukan kepada siapapun, baik yang berkepentingan maupun tidak.
> Contoh: Pengumuman Lomba Foto BPK. Tidak ada permasalahan yang mendasari pengumuman ini. Siapapun, baik yang merasa berkepentingan ataupun tidak, dapat membaca pengumuman ini.
Contoh Pengumuman

Well, I guess that's all. Haha. :)

1 comment:

deadyrizky said...

berarti ini termasuk postingan pengumuman yaaa