Little Feet

Take steps, take actions.
-Talisa Noor-

Monday, February 7, 2011

Afterglow

Makasih buat semua yang sudah mendukung saya menjadi Duta STAN 2011!

By the way, menurut saya yang terpenting itu bukanlah jabatan yang kita sandang, melainkan apa yang bisa kita perbuat untuk lingkungan kita, untuk orang lain, untuk kebaikan... 

Bicara tentang jabatan... Saya pernah bercita-cita menjadi Menteri Keuangan untuk memperbaiki kinerja Kementerian Keuangan Indonesia. Saya juga pernah bercita-cita menjadi kepala Biro SDM Kementerian Keuangan karena saya ingin memperbaiki pengembangan sumber daya manusia di kementerian tersebut... Sampai suatu hari saya sadar... To do something, you don't have to take certain positions.

Masih ingat postingan saya tentang Yayasan Galuh? Pengurus yayasan itu bukanlah orang ternama ataupun orang kaya. They just simply want to help people. And they do it, with all of their limitations. 

Saya belajar keikhlasan dari mereka. Saya ingin menjadi orang yang tulus. Tulus dalam berbuat sesuatu bukan karena ingin dipuji atau ingin dianggap keren. Tidak salah sih menjadi pejabat ataupun orang penting. Namun, yang harus kita benahi terlebih dahulu adalah niat kita. Jangan sampai kita menempati posisi tertentu karena kita ingin dipuji atau karena kita ingin mendapatkan banyak harta.

Begitu pula ketika kita tidak mendapatkan posisi tersebut, jangan sampai semangat kita terpatahkan dan akhirnya kita tidak mau lagi berusaha mencapai tujuan mulia kita. Tidak menempati posisi tertentu tidak berarti kita tidak dapat berbuat sesuatu. Ketika saya tidak menjadi menteri keuangan, misalnya, bukan berarti saya tidak bisa berbuat sesuatu untuk memperbaiki kinerja kementerian keuangan. Ketika saya tidak menjadi presiden mahasiswa, bukan berarti saya tidak bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa lainnya. Ketika saya tidak menjadi ranking satu di kelas, tidak berarti saya tidak bisa membuat KTTA dengan baik.

Sekumpulan mahasiswa yang tidak punya jabatan apa-apa dapat menjatuhkan rezim Soeharto. Mereka memang bukan siapa-siapa, tapi mereka bersatu dan berhasil mencapai tujuan mereka.Yang saya ingin sampaikan di sini adalah, jangan remehkan posisi kita sekecil apapun itu... Berpikir positif dan berusahalah, inspirasi pun akan bermunculan. Percayalah kita dapat melakukan apapun jika kita bersungguh-sungguh berusaha...

No comments: